, Pengaruh Strategi Lightening The Learning Climate Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VII Di SMP Negeri 1 Hatonduhan.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Strategi Lightening The Learning Climate dengan menggunakan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan Masalah Dan Kreativitas Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Hatonduhan. Dimana yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebanyak 30 siswa dan yang menjadi kelas uji coba adalah VIII-4 sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian strategi Lightening The Learning Climate dengan menggunakan alat peraga dengan kemampuan pemecahan masalah maka diperoleh persamaan regresinya Y ̂_1=33,9185 + 0,6415X dan hasil penelitian strategi Lightening The Learning Climate dengan menggunakan alat peraga dengan kreativitas matematis siswa diperoleh Y ̂_2=30,1574 + 0,6341X. Kemudian berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi regresi diperoleh t_(hitung )>〖 t〗_tabel atau 2,5538>1,70, maka ada hubungan yang kuat dan berarti antara strategi Lightening The Learning Climate dengan menggunakan alat peraga dan kemampuan pemecahan masalah, begitu juga antara strategi Lightening The Learning Climate dengan menggunakan alat peraga dan kreativitas matematis siswa dimana diperoleh t_(hitung )>〖 t〗_tabel atau 9,7517>1,70, maka ada hubungan yang kuat dan berarti. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi antara strategi Lightening The Learning Climate dengan menggunakan alat peraga dengan kemampuan pemecahan masalah sebesar r^(2 ) = 0,8440 atau 84,4% yang artinya kemampuan pememecahan masalah matematis siswa dipengaruhi oleh indikator strategi Lightening The Learning Climate dengan menggunakan alat peraga. Sedangkan untuk koefisien determinasi antara strategi Lightening The Learning Climate dengan menggunakan alat peraga dengan kreativitas matematis siswa diperoleh sebesar r^(2 ) = 0,7725 atau 77,25% yang artinya kreativitas matematis siswa dipengaruhi oleh indikator strategi Lightening The Learning Climate dengan menggunakan alat peraga sebesar 77,25%.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]