• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DI KELAS VIII SMP PARULIAN 1 MEDAN T. A. 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Sumiharza Simbolon.pdf (359.4Kb)
    Date
    2016-03-26
    Author
    Simbolon, Sumiharza
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunkasi matematis siswa diajar dengan model pembelajaran debate dan model pembelajaran snowball throwing pada materi teorema phytagoras di kelas VII SMP Parulian 1 Medan T. A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi yaitu seluruh kelas VIII SMP Parulian 1 Medan T. A. 2016/2017. Dengan teknik Clutser Random Sampling, sampel terdiri dari 2 kelas yaitu siswa kelas VIII_1 sebagai eksperimen I yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Debate dan kelas VIII_2 sebagai kelas eksperimen II yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen yang berupa tes instrumen yang telah valid dengan jumlah soal sebanyak 6 butir. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda diperoleh dikelas eksperimen I nilai rata-rata post-test Y ̅ = 65,5 dan kelas eksperimen II nilai rata-rata post-test Y ̅= 69,66. Dan uji hipotesis data post-test kedua sampel diperoleh 〖 T〗_hitung= -1,3622 <〖 T〗_(tabel )= 2,04, artinya H_0 ditolak dan H_1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa diajar dengan model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada model pembelajaran Debate jika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis pada sub pokok bahasan teorema phytagoras di kelas VIII SMP swasta parulian 1 Medan T.A 2016/2017. Sehingga diharapkan kedua model ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk memecahakan kemampuan komunikasi matematis siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/373
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback