• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segitiga Di Kelas VII SMP Swasta Hang Tuah 2 T.A 2015/2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.

    Thumbnail
    View/Open
    Nia.pdf (414.0Kb)
    Date
    2015-09-11
    Author
    Simanjuntak, Nia Boni Pascia.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segitiga Di Kelas VII SMP Swasta Hang Tuah-2 T..A. 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang tersebar dalam empat kelas, dan dipilih satu kelas yang akan menjadi sampel, yaitu : Kelas VII-3 yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dimana yang menjadi variabel bebas (X) yaitu metode pembelajaran Mind Mapping dan yang menjadi Variabel terikat (Y) adalah Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Berdasarkan nilai kemampuan pemahaman konsep matematika siswa diperoleh persamaan regresi, Y ̂ = 30.19 + 0.628 X, artinya nilai kemampuan pemahaman konsep matematika siswa akan meningkat 0.628 kali metode pembelajaran Mind Mapping. Hasil uji kelinearan regresi diperoleh terdapat hubungan Linier metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hasil uji keberartian regresi diperoleh tidak terdapat pengaruh yang berarti antara metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhitung= 0.6237 artinya bahwa terdapat hubungan yang sedang/cukup antara metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r2 = 54.82% yang berarti bahwa pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping adalah sebesar 54.82% sedangkan sisanya 45.18% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Mind Mapping memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/311
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback