• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Materi Pokok Prisma dan Limas SMP Budi Murni 3 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Krispina Agnes.pdf (271.5Kb)
    Date
    2015-08-26
    Author
    Sinurat, Krispina Agnes
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Budi Murni 3 Medan, khususnya pada materi bangun ruang Prisma dan Limas melalui pembelajaran dengan model Treffinger. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan pada 8 Mei sampai 27 Mei 2015 di kelas VIII SMP Budi Murni 3 Medan. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan siklus I terdiri dari 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan . Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Indikator untuk kemampuan berpikir kreatif tersebut adalah sebagai berikut: (1) Fluency (Kelancaran), (2) Flexibility (Keluwesan), (3) Originality (Keaslian), (4) Elaboratif (Memperinci). Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Treffinger di kelas VIII SMP Budi Murni dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: basictools, practice with process, and working with real problem. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Budi Murni 3 Medan mengikuti pembelajaran dengan model Treffinger. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model Treffinger dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata berpikir kreatif siswa pada siklus I sebesar 60 % menjadi 86,67% pada siklus II. Kemudian terlihat dari kenaikan persentase aktivitas belajar matematika siswa mencapai lebih dari 75% atau dalam kategori baik. Selain itu, penerapan model Treffinger dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, rata-rata siswa pada siklus I mencapai 60, meningkat menjadi 86 pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model Treffinger dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang tentunya akan meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/499
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback