Browsing Pendidikan Matematika by Title
Now showing items 220-239 of 625
-
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 29 MEDAN
(2017-03-25)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa kelas VIII Negeri 29 Medan. ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HARVARD MEDAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022
(2022-01-17)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) peserta didik pada materi Teorema Phytagoras dikelas VIII ... -
Penerapan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKS (LembarKerjaSiswa) UntukMeningkatkanKemapuanaPemahamanKonsepSiswaPadaMateriPersamaan Linier SatuVariabel Di Kelas VII SMP Negeri 1 PaneiTahunAjaran 2015/2016
(2016-07-21)Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) berbasis LKS dapat meningkatkankemampuanpemahamankonsepmatematikasiswakelas VII SMP negeri 1 Paneipadamateripersamaan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik pada Materi Program Linier di Desa Silaumarawan T. A. 2020/2021
(2020-09-09)Guru mengajar dengan sistem teachercentered, sehingga peserta didik pasif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan ... -
. Penerapan Model Pembelajaran Reciplocal Teaching Untuk Meningkatkankan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Theorema Phythagoras dan Garis- garis Segitiga Kelas VIII SMP Tenera Langkat T.A 2014/2015. Skripsi, Program Studi Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2015-08-12)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran reciplocal teaching. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Tenera ... -
Penerapan model pembelajaran resource based leaarning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi kesebanguan dan kekongruenan kelas IX SMP HKBP Pardamean Medan
(2015-08-26)Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dengan memanfaatkan media lingkungan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi kesebangunan dan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP SWASTA MUSDA MEDAN T.A. 2021/2022
(2022-01-10)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terutama pada materi segiempat dan segitiga menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas VII di SMP Swasta Musda Medan. Penelitian ini ... -
Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Sunggal T.A. 2013/2014. Skripsi, Program Studi Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen.
(2017-09-01)Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran student facilitator and explaining. Peneliti melaksanakan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP METHODIST 9 MEDAN T.A 2021/2022
(2022-11-18)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segitiga di kelas VII SMP Methodist 9 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG BALAI
(2020-08-16)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Balai. Jenis penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas ... -
Penerapan Model PembelajaranBeach Ball untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas BelajarSiswaPadaMateriSegiempat di Kelas VII SMP Negeri 3 Muara Siatas Barita SMPT.A. 2015/2016.Skripsi, Program StudiPendidikanMatematika, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan.
(2015-07-11)Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuan kreativitas belajarsiswapadamateri segiempatdi kelasVII-A SMP Negeri Muara Siatas Baritamelalui model pembelajaranBeach Ball. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas ... -
Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMA Negeri 1 Onan Runggu T. P. 2018/2019
(2019-08-24)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuana pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada sub materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di kelas X ... -
Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Materi Bilangan Bulat di SMP Negeri 23 Medan Kelas VII T.P.2018/2019
(2019-09-16)Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pelajaran di kelas. Peneliti menggunakan ... -
Penerapan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2017/2018
(2018-08-11)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-5 SMP N 2 Percut Sei Tuan semester genap T.P. 2017/2018 yang berjumlah 33 orang. Adapun instrumen pengumpul data dalam penelitian ... -
Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas X SMK Swasta Jambi Medan T.P. 2018/2019
(2018-09-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan keterampilan proses berbantuan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas X SMK Swasta Jambi ... -
Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Swasta Prima Pargambiran
(2020-09-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Swasta Prima Pargambiran T.P. ... -
Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019
(2018-10-10)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. ... -
Penerapan Pendekatan Open Ended dengan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsepdan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Trigonometri Kelas X SMA N 1 Sunggal T.P. 2018/2019
(2019-09-13)Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pelajaran dikelas. Peneliti menggunakan ... -
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Untuk MeningkatkanKemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P.2017/2018
(2018-10-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan ... -
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS Vlll UPT SMP NEGERI 7 MEDAN T.P. 2021/2022
(2022-10-27)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik di kelas VIII UPT SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan instrumen ...