ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA DENGAN TANPA HAK MENGGUNAKAN MEREK YANG SAMA PADA KESELURUHANNYA DENGAN MEREK TERDAFTAR DENGAN MEREK LAIN (STUDI PUTUSAN NOMOR 87/Pid.Sus/2019/PN Pti)
Abstract
Seiring pesatnya laju aktifitas di bidang ekonomi terklaus dalam perdagangan selalu meningkat. permasalahan mengenai merek sampai saat ini masih terjadi. Permasalahan utama adalah permasalahan terkait dengan penggunaan barang terhadap merek terkenal (well-known marks) kerap dipalsukan sedemikian rupa sehingga sama persis dengan aslinya. seperti kasus dalam Putusan Nomor: 87/Pid.Sus/2019/PN Pti.
Penelitian ini menggunakan yuridis normatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mempelajari bahan-bahan pustaka yang berupa buku-buku, jurnal, artikel resmi, menelusuri doktrin dan teori-teori hukum serta peraturan perundang-undangan yang berkaitan dan dapat mendukung penelitian ini. Hasil penelitian disimpulkan melakukan tindak pidana dengan tanpa hak menggunakan merek yang sama pada keseluruhannya dengan merek terdaftar dengan merek lain (Studi Putusan No.87/Pid.Sus/2019/PN Pti) adalah dalam Pasal 100 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis kedua diatur dalam Pasal 102 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis.
Penulis berkesimpulan bahwa terdakwa yang menghendaki melakukan tindak pidana pemalsuan merek yang dimana terdakwa bertindak memproduksi garam dengan merek menyerupai merek yang terdaftar sehingga unsur kesengajaan yang menjadi tujuan/maksud terpenuhi. Penulis berpendapat bahwa para pihak yang berwajib dalam menindak lanjuti pemalsuan merek harus lebih tegas dan meberikan efek jera yang sesuai terhadap pelaku dan bagi para konsumen apabila menemukan barang yang tidak sesuai dengan sebenarnya atau dinyatakan palsu segera melaporkan kepada pihak yang berwajib dalam Putusan Nomor: 87/Pid.Sus/2019/PN Pti.
Collections
- Ilmu Hukum [1669]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK BIMOLI PADA MASYARAKAT KOTA MEDAN
BR. GINTING, EVA ROSALINA (2023-06-08)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek dan pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek Bimoli pada masyarakat kota Medan. Jenis penelitian ini ... -
Pemboncengan Barang Dagang Merek Terkenal (Passing Off) Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2016 Tentang Merek
Ritonga, Chandra Royal Mariman (universitas hkbp nommensen, 2017-04-25)Untuk mengetahui perbuatan pelanggaran hukum yang timbul dalam kasus pemboncengan (Passing off) merek dan untuk mengetahui tindakan hukum yang dapat dilakukan pemilik asli merek terkenal dari kasus pemboncengan (Passing ... -
DampakElektronikWord-Of-Mouth TerhadapEvaluasiMerek Samsung di Medan DenganKredibilitasMerekSebagaiVariabelModerasi
Silalahi, AndriDayarana K (2018-03-16)Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuidampakelektronikword-of-mouthterhadapevaluasimerekSamsung di Medan dengankredibilitasmereksebagaivariabelmoderasi.Populasidalampenelitianiniadalahtidakterhinggayaituseluruhmasyarakatyang ...