DampakElektronikWord-Of-Mouth TerhadapEvaluasiMerek Samsung di Medan DenganKredibilitasMerekSebagaiVariabelModerasi
Abstract
Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuidampakelektronikword-of-mouthterhadapevaluasimerekSamsung di Medan dengankredibilitasmereksebagaivariabelmoderasi.Populasidalampenelitianiniadalahtidakterhinggayaituseluruhmasyarakatyang menggunakanproduk Samsung di Medan.Jumlahsampel yang digunakandalampenelitianiniadalahsebanyak 100 respondendenganteknikpenentuansampeladalahpurposive random sampling denganmetodejudgement samplingyaitupenelitimenggunakankriteria-kriteriatertentu yang akandigunakansebagaisampeldalampenelitianini. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahjenispenelitiankausalitasyaituuntukmengetahuihubunganataudampakdarivariabelbebasterhadapvariabelterikatmelaluivariabelmoderasi/intervening.Adapunvariabelbebasdalampenelitianiniadalahelektronikword-of-mouth, danvariabelterikatadalahhevaluasimereksertavariabelmoderasi/interveningadalahkredibilitasmerek.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasecaraparsialelektronikword-of-mouth berpengaruhpositifdansignifikanterhadapkredibilitasmerek, elektronikword-of-mouth berpengaruhpositifdantidaksignifikanterhadapevaluasimerek, kredibilitasmerekberpengaruhpositifdansignifikanterhadapevaluasimerek, elektronikword-of-mouth berpengaruhpositifdansignifikanterhadapevaluasimerekdengankredibilitasmereksebagaivariabelmoderasi. Selainituhasilpenelitianini juga menunjukkanbahwaterdapatpengaruhtidaklangsung yang lebihdominanelektronikword-of-mouth terhadapevaluasimerekmelaluikredibilitasmereksebesar 0,529.
Simpulandalampenelitianiniadalah E-WOMtidakberpengaruhsecaralangsungterhadapevaluasimerek Samsung di Medan.Saran untukpenelitiselanjutnyaadalahmenambahvariabelbebasdanmenggunakanalatanalisis SEM dengantujuanmengetahuilebihdalamtujuandansasaranpenelitian.
Collections
- Manajemen [1151]