• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Kubus Kelas VIII UPT SMP Negeri 12 Medan T.A. 2023/2024 Oleh:

    Thumbnail
    View/Open
    GRACE FLORIDA MANURUNG.pdf (376.7Kb)
    Date
    2024-01-22
    Author
    MANURUNG, GRACE FLORIDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Contextual Teaching and Learning efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi kubus kelas VIII UPT SMP Negeri 12 Medan. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 12 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dengan jumlah total siswa 28 siswa dan kelas VIII-2 jumlah total siswa 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil kemampuan pemahaman konsep dari kualitas pembelajaran ada perbedaan efektivitas antara model CTL dengan model pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil perhitungan kemampuan pemahaman konsep rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen dan kontrol 15,86 dan 14,68 dan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen dan kontrol 69,54 dan 34,54. Kemudian pada hasil uji normalitas dan uji homogenitas kemampuan pemahaman konsep menyatakan sampel terdistribusi normal. Begitu juga dengan uji hipotesis pada kemampuan pemahaman konsep ditunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05, sehingga penarikan kesimpulan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. Begitu juga dengan berdasarkan hasil perhitungan kemampuan pemecahan masalah rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen dan kontrol 68,50 dan 63,93 dan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen dan kontrol 90,82 dan 68,57. Kemudian pada hasil uji normalitas dan uji homogenitas kemampuan pemecahan masalah menyatakan sampel terdistribusi normal. Begitu juga dengan uji hipotesis pada kemampuan pemecahan masalah ditunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05, sehingga penarikan kesimpulan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. Artinya model Contextual Teaching and Learning lebih efektif dari pada model pembelajaran biasa. Berdasarkan kesesuaian tingkat pembelajaran kategori baik dengan nilai 4,2. Berdasarkan waktu dikategorikan baik dengan nilai 4,75. Jadi kesimpulannya Model Contextual Teaching and Learning efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi kubus kelas VIII UPT SMP Negeri 12 Medan T.A 2023/2024.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9993
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback