Show simple item record

dc.contributor.authorMANURUNG, GRACE FLORIDA
dc.date.accessioned2024-01-22T03:30:47Z
dc.date.available2024-01-22T03:30:47Z
dc.date.issued2024-01-22
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9993
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Contextual Teaching and Learning efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi kubus kelas VIII UPT SMP Negeri 12 Medan. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 12 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dengan jumlah total siswa 28 siswa dan kelas VIII-2 jumlah total siswa 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil kemampuan pemahaman konsep dari kualitas pembelajaran ada perbedaan efektivitas antara model CTL dengan model pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil perhitungan kemampuan pemahaman konsep rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen dan kontrol 15,86 dan 14,68 dan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen dan kontrol 69,54 dan 34,54. Kemudian pada hasil uji normalitas dan uji homogenitas kemampuan pemahaman konsep menyatakan sampel terdistribusi normal. Begitu juga dengan uji hipotesis pada kemampuan pemahaman konsep ditunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05, sehingga penarikan kesimpulan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. Begitu juga dengan berdasarkan hasil perhitungan kemampuan pemecahan masalah rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen dan kontrol 68,50 dan 63,93 dan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen dan kontrol 90,82 dan 68,57. Kemudian pada hasil uji normalitas dan uji homogenitas kemampuan pemecahan masalah menyatakan sampel terdistribusi normal. Begitu juga dengan uji hipotesis pada kemampuan pemecahan masalah ditunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05, sehingga penarikan kesimpulan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. Artinya model Contextual Teaching and Learning lebih efektif dari pada model pembelajaran biasa. Berdasarkan kesesuaian tingkat pembelajaran kategori baik dengan nilai 4,2. Berdasarkan waktu dikategorikan baik dengan nilai 4,75. Jadi kesimpulannya Model Contextual Teaching and Learning efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi kubus kelas VIII UPT SMP Negeri 12 Medan T.A 2023/2024.en_US
dc.subjectEfektivitas,en_US
dc.subjectModel Contextual Teaching and Learning,en_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep,en_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalah.en_US
dc.titleEfektivitas Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Kubus Kelas VIII UPT SMP Negeri 12 Medan T.A. 2023/2024 Oleh:en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record