Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Metode Peer Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A. 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran problem based learning berbatuan metode peer teaching terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A. 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A. 2023/2024. Dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen di kelas VIII- A dan kelas kontrol di kelas VIII-B. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa dari kualitas pembelajaran dengan nilai
0,000 < 0,005 berarti ada perbedaan efektivitas antara model problem based learning (PBL) berbantuan metode peer teaching dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan rat-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,86 dan kelas kontrol sebesar 0,56 artinya model problem based learning (PBL) berbantuan metode peer teaching lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional. Berdasarkan kesesuaian tingkat pembelajaran dikategorikan baik dengan nilai 4,3. Berdasarkan waktu dikategorikan baik dengan nilai 4. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain, kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu maka disimpulkan model pembelajaran PBL berbatuan metode peer teaching lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional. Jadi kesimpulannya model pembelajaran problem based learning berbatuan metode peer teaching efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A 2023/2024.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]