Show simple item record

dc.contributor.authorPURBA, ELDA NAIDA
dc.date.accessioned2023-12-09T04:05:46Z
dc.date.available2023-12-09T04:05:46Z
dc.date.issued2023-12-09
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9711
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran problem based learning berbatuan metode peer teaching terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A. 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A. 2023/2024. Dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen di kelas VIII- A dan kelas kontrol di kelas VIII-B. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa dari kualitas pembelajaran dengan nilai 0,000 < 0,005 berarti ada perbedaan efektivitas antara model problem based learning (PBL) berbantuan metode peer teaching dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan rat-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,86 dan kelas kontrol sebesar 0,56 artinya model problem based learning (PBL) berbantuan metode peer teaching lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional. Berdasarkan kesesuaian tingkat pembelajaran dikategorikan baik dengan nilai 4,3. Berdasarkan waktu dikategorikan baik dengan nilai 4. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain, kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu maka disimpulkan model pembelajaran PBL berbatuan metode peer teaching lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional. Jadi kesimpulannya model pembelajaran problem based learning berbatuan metode peer teaching efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A 2023/2024.en_US
dc.subjectEfektivitas,en_US
dc.subjectModel Problem Based Learning,en_US
dc.subjectMetode Peer Teaching,en_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis Matematis.en_US
dc.titleEfektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Metode Peer Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A. 2023/2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record