EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model discovery learning efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Setia yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dengan jumlah total 22 peserta didik dan kelas VIII-B dengan jumlah total 25 peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan kualitas pembelajaran pada kemampuan literasi numerasi peserta didik menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,005 pada taraf signifikan
�� = 5% maka ada perbedaan efektivitas antara model discovery learning
dengan pembelajaran konvensional(biasa) artinya model discovery learning
lebih efektif. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian pembelajaran diperoleh
4,7 yang berarti kesesusaian tingkat pembelajaran sudah baik, pencapaian waktu ideal 4,75 yang berarti baik. Selanjutnya kualitas pembelajaran dan
lembar observasi kesesuaian pembelajaran dan waktu model discovery learning
efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada
materi aritmatika sosial di kelas VIII SMP Swasta Budi Setia.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]