Show simple item record

dc.contributor.authorSIHOMBING, PUTRI ANGGILIA
dc.date.accessioned2023-12-04T07:26:53Z
dc.date.available2023-12-04T07:26:53Z
dc.date.issued2023-12-04
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9622
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui model discovery learning efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Setia yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dengan jumlah total 22 peserta didik dan kelas VIII-B dengan jumlah total 25 peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan kualitas pembelajaran pada kemampuan literasi numerasi peserta didik menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,005 pada taraf signifikan �� = 5% maka ada perbedaan efektivitas antara model discovery learning dengan pembelajaran konvensional(biasa) artinya model discovery learning lebih efektif. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian pembelajaran diperoleh 4,7 yang berarti kesesusaian tingkat pembelajaran sudah baik, pencapaian waktu ideal 4,75 yang berarti baik. Selanjutnya kualitas pembelajaran dan lembar observasi kesesuaian pembelajaran dan waktu model discovery learning efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi aritmatika sosial di kelas VIII SMP Swasta Budi Setia.en_US
dc.subjectEfektivitas,en_US
dc.subjectModel Discovery Learning,en_US
dc.subjectLiterasi Numerasien_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS VIIIen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record