• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP SWASTA MULIA PRATAMA MEDAN T.A. 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    YENDE PUJI YANI SIHOTANG.pdf (266.9Kb)
    Date
    2023-12-04
    Author
    SIHOTANG, YENDE PUJI YANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep dengan model pembelajaran novick pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Swasta Mulia Pratama Medan T.A. 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Mulia Pratama Medan T.A. 2023/2024. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen (VIII-2) dan kelas kontrol (VIII-3). Instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test kemampuan pemahaman konsep siswa dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh berdistribusi normal karena hasil perhitungan uji normalitas dengan uji Shapiro-Wilk menggunakan SPSS, diperoleh nilai signifikan > 0,05 yang artinya, bahwa model yang dirancang sudah valid, peningkatan kemampuan pemahaman konsep dipengaruhi oleh model pembelajaran novick. Dari perhitungan anova dua jalur ditunjukkan bahwa rata-rata hitung antara model pembelajaran dan level kelas adalah 1300,942 > 140,434 dengan nilai signifikan kedua kelompok < 0,05 artinya ada perbedaan signifikan yang dipengaruhi oleh perlakuan. Sehingga dilanjutkan dengan uji-t hasil nilai thitung adalah 15,688 dan ttabel adalah 2,015 atau 15,688 > 2,015 pada Sig.(2-tailed) dari uji-t independent sample sebesar 0,00. Berdasarkan nilai signifikan tersebut, ditunjukkan bahwa nilai signifikan < 0,05 maka ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran novick pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Swasta Mulia Pratama Medan T.A. 2023/2024.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9620
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback