dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep dengan model pembelajaran novick pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Swasta Mulia Pratama Medan T.A. 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Mulia Pratama Medan T.A. 2023/2024. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen (VIII-2) dan kelas kontrol (VIII-3). Instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test kemampuan pemahaman konsep siswa dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh berdistribusi normal karena hasil perhitungan uji normalitas dengan uji Shapiro-Wilk menggunakan SPSS, diperoleh nilai signifikan > 0,05 yang artinya, bahwa model yang dirancang sudah valid, peningkatan kemampuan pemahaman konsep dipengaruhi oleh model pembelajaran novick. Dari perhitungan anova dua jalur ditunjukkan bahwa rata-rata hitung antara model pembelajaran dan level kelas adalah 1300,942 > 140,434 dengan nilai signifikan kedua kelompok < 0,05 artinya ada perbedaan signifikan yang dipengaruhi oleh perlakuan.
Sehingga dilanjutkan dengan uji-t hasil nilai thitung adalah 15,688 dan ttabel adalah 2,015 atau 15,688 > 2,015 pada Sig.(2-tailed) dari uji-t independent sample sebesar 0,00. Berdasarkan nilai signifikan tersebut, ditunjukkan bahwa nilai signifikan < 0,05 maka ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran novick pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Swasta Mulia Pratama Medan T.A. 2023/2024. | en_US |