• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATEMATIS SISWA PADA SOAL MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 14 MEDAN T.A. 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    Sarah Yulita.pdf (314.4Kb)
    Date
    2023-09-02
    Author
    YULITA, SARAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa pada soal materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 14 Medan T.A. 2022/2023. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-C dan VII-D. Dengan menggunakan teknik Purposive Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VII C) dan sebagai kelas kontrol (VII D). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis mempunyai nilai rata-rata . Pada kelas kontrol kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis mempunyai nilai rata- rata Dengan memperhatikan nilai Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa pada soal materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 14 Medan T.A. 2022/2023. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model Problem Based Learning (PBL) memberi pengaruh lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa pada materi aritmatika sosial di Kelas VII SMP Negeri 14 Medan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8925
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback