dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa pada soal materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 14 Medan T.A.
2022/2023. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-C dan VII-D. Dengan menggunakan teknik Purposive Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VII C) dan sebagai kelas kontrol (VII D). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis mempunyai nilai rata-rata . Pada kelas kontrol kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis mempunyai nilai rata- rata Dengan memperhatikan nilai Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa pada soal materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 14 Medan T.A. 2022/2023. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model Problem Based Learning (PBL) memberi pengaruh lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa pada materi aritmatika sosial di Kelas VII SMP Negeri 14
Medan. | en_US |