• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA TOPIK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MEDAN T.A 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    MIKA OKTAVIA PURBA.pdf (448.4Kb)
    Date
    2023-09-02
    Author
    PURBA, MIKA OKTAVIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan T.A. 2022/2023. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-3 dan kelas VIII-2 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama. Dengan menggunakan teknik Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-3) dan sebagai kelas kontrol (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan pemahaman konsep matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,002<0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata . Pada kelas kontrol kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata . Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan T.A. 2022/2023. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan pendekatan matematika realistik memberi pengaruh lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan T.A. 2022/2023.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8919
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback