Show simple item record

dc.contributor.authorPURBA, MIKA OKTAVIA
dc.date.accessioned2023-09-02T02:40:02Z
dc.date.available2023-09-02T02:40:02Z
dc.date.issued2023-09-02
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8919
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan T.A. 2022/2023. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-3 dan kelas VIII-2 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama. Dengan menggunakan teknik Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-3) dan sebagai kelas kontrol (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan pemahaman konsep matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,002<0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata . Pada kelas kontrol kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata . Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan T.A. 2022/2023. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan pendekatan matematika realistik memberi pengaruh lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan T.A. 2022/2023.en_US
dc.subjectPendekatan Matematika Realistik,en_US
dc.subjectKemampuan pemahaman konsep matematisen_US
dc.titlePENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA TOPIK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MEDAN T.A 2022/2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record