• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING) PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AIR BATU

    Thumbnail
    View/Open
    Christine Meily D Butar Butar.pdf (244.1Kb)
    Date
    2023-09-02
    Author
    BUTAR-BUTAR, CHRISTINE MEILY D.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Statistika kelas VIII SMP Negeri 1 Air Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengen populasi penelitian yaitu seluruh siswa atau peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Air Batu T.A 2022/2023. Dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen di VIII-3 dan kelas kontrol di VIII-4. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen (perlakuan model pembelajaran CORE) sebesar 72,76 dan nilai rata-rata post test kelas kontrol (perlakuan metode konvensional) sebesar 43,9. Dari hasil uji analisis data, hasil data pretest dan post test dalam kelas eksperimen maupun kelas kontrol menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dan kemudian dari hasil perhitungan nilai N-Gain menunjukkan bahwa model CORE cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pada hasil uji t sampel independen ditunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran CORE pada materi Statistika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Air Batu T.A 2022/2023.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8917
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback