• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DI KELAS IX UPT SMP NEGERI 12 MEDAN T.A. 2022/2023

    Thumbnail
    View/Open
    MELATI RIANI MARBUN.pdf (342.6Kb)
    Date
    2023-08-25
    Author
    MARBUN, MELATI RIANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning dan inquiry terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi fungsi kuadrat kelas IX SMP Negeri 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengen populasi penelitian yaitu seluruh siswa atau peserta didik kelas IX SMP Negeri 12 Medan T.A 2022/2023.Sampel penelitian kelas eksperimen di IX-I dan kelas kontrol di IX-II. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi.Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan literasi numerasi menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti adanya perbedaaan efektivitas antara model pembelajaran project based learning dengan inquiry Setelah dilakukan penelitian, diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen (perlakuan model pembelajaran project based learning) sebesar 74,08 dan nilai rata-rata post test kelas kontrol (perlakuan model inquiry) sebesar 59,6. Dari hasil uji analisis data, hasil data pretest dan post test dalam kelas eksperimen maupun kelas kontrol menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,65 dan kelas kontrol sebesar 0,62 yang artinya model project based learning lebih efektif. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran diperoleh skor 4 yang berarti keseusaian tingkat pembelajaran sudah baik, pencapaian waktu ideal 4,67 yang berarti baik. Berdasarkan perihitungan N- Gain dan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu model project based learning memberi efektif lebih tinggi dari pada pembelajaran inquiry terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi fungsi kuadrat kelas IX UPT SMP Negeri 12 Medan. Berdasarkan dari indikator – indikator efektivitas bahwa model pembelajaran project based learning lebih efektif terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi fungsi kuadrat.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8899
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback