Show simple item record

dc.contributor.authorMARBUN, MELATI RIANI
dc.date.accessioned2023-08-25T03:18:33Z
dc.date.available2023-08-25T03:18:33Z
dc.date.issued2023-08-25
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8899
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning dan inquiry terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi fungsi kuadrat kelas IX SMP Negeri 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengen populasi penelitian yaitu seluruh siswa atau peserta didik kelas IX SMP Negeri 12 Medan T.A 2022/2023.Sampel penelitian kelas eksperimen di IX-I dan kelas kontrol di IX-II. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi.Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan literasi numerasi menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti adanya perbedaaan efektivitas antara model pembelajaran project based learning dengan inquiry Setelah dilakukan penelitian, diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen (perlakuan model pembelajaran project based learning) sebesar 74,08 dan nilai rata-rata post test kelas kontrol (perlakuan model inquiry) sebesar 59,6. Dari hasil uji analisis data, hasil data pretest dan post test dalam kelas eksperimen maupun kelas kontrol menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,65 dan kelas kontrol sebesar 0,62 yang artinya model project based learning lebih efektif. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran diperoleh skor 4 yang berarti keseusaian tingkat pembelajaran sudah baik, pencapaian waktu ideal 4,67 yang berarti baik. Berdasarkan perihitungan N- Gain dan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran dan waktu model project based learning memberi efektif lebih tinggi dari pada pembelajaran inquiry terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi fungsi kuadrat kelas IX UPT SMP Negeri 12 Medan. Berdasarkan dari indikator – indikator efektivitas bahwa model pembelajaran project based learning lebih efektif terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi fungsi kuadrat.en_US
dc.subjectEfektivitas,en_US
dc.subjectProject Based Learning,en_US
dc.subjectLiterasi Numerasi,en_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DI KELAS IX UPT SMP NEGERI 12 MEDAN T.A. 2022/2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record