MEKANISME PELAKSANAAN DAN KUALITAS KESEHATAN PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP PENGGUNA BPJS KESEHATAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2011 TENTANG BPJS
Abstract
Kompleksitas problem Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan tidak hanya soal administrasi yang rumit karena lamanya pengurusan administrasi BPJS di pusat pelayanan kesehatan dan pelayanan petugas kesehatan di rumah sakit yang menggunakan tingkat pasien dengan jaminan kesehatan BPJS dibanding pasien umum yang dibayar langsung berobatnya di rumah sakit. Masalah rumit dan biayanya pengurusan administrasi dengan BPJS ini dirasakan oleh banyak masyarakat khususnya yang berobat di rumah sakit umum dimana mereka merasa di pingpong oleh petugas. Belum lagi sambutan dan pelayanan oleh petugas rumah sakit yang kurang ramah dan layanan rumah sakit yang kacau balau karena rendahnya kinerja sumber daya manusia yang belum optimal dan terbatasnya fasilitas dalam memberikan pelayanan menyebabkan motivasi dan kinerja petugas rumah sakit menurun.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini mekanisme klaim BPJS kesehatan dan sanksi bagi para pihak jika terjadi pelanggaran berdasarkan peraturan yang berlaku. Faktor yang menghambat pelaksanaan pelayanan terhadap pengguna BPJS kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif dengan ciri khas penelitian yang berhubungan dengan fakta-fakta hukum, peraturan-peraturan hukum, kasus-kasus hukum terdahulu, buku-buku hukum, dan lain-lain yang dapat dijadikan referensi di dalam melakukan penelitian hukum murni.
Setelah diperoleh hasil penelitian, ditarik kesimpulan bahwa Mekanisme klaim BPJS kesehatan, peserta mendatangi puskesmas setempat, pemeriksaan di puskesmas, ke rumah sakit rujukan, dan sanksi bagi para pihak jika terjadi pelanggaran berdasarkan peraturan yang berlaku dan Sebelum ke rumah sakit, peserta wajib terlebih dulu ke faskes tingkat pertama, yaitu puskesmas, biaya pengobatan yang tak ditanggung sepenuhnya oleh BPJS kesehatan. Faktor yang menghambat pelaksanaan pelayanan terhadap pengguna BPJS kesehatan, yaitu, tingkat ketersedian aspek pelayanan kesehatan masih menemukan sejumlah masalah yang menghambat pelaksanaan jaminan kesehatan nasional.
Collections
- Ilmu Hukum [1669]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
HUBUNGAN ANTARA PENATALAYANAN KESEHATAN KEPADA PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN
Zebua, Valentina (2018-10-10)Studi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penatalayanan kesehatan kepada pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas ... -
Suatu Kajian Tentang Hubungan Antara Penatalayanan Kesehatan Dengan Kualitas Pelayanan Kesehatan (Satu Studi Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan)
Sianturi, Charles M. (STINDO PROFESIONAL JURNAL, 2018-11)The purpose of this study is to determine the relationship between health stewardship to patients of the Health Social Security Administering Body Participants and the Quality of Health Services. This research was ... -
PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN DAERAH KOTA MEDAN ( JPK-MS)
HANI, NAOMI (2006-02-06)Riset ini berjudul Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Melalui Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Daerah Kota Medan (JPK-MS), dengan tujuan penelitian ini adalah untuk tujuan ilmiah dan untuk menjawab capaian ...