Browsing Pendidikan Bahasa Indonesia by Title
Now showing items 337-356 of 491
-
Pengaruh Model ROPES Terhadap Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Unsur Teks Narasi di Kelas VII SMP Negeri 1 Siempatnempu Kabupaten Dairi Tahun Pembelajaran 2018/2019
(2018-10-08)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) terhadap kemampuan siswa mengidentifikasi unsur teks narasi di kelas VII SMP Negeri 1 Siempatnempu ... -
PENGARUH MODEL SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR BERITA DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
(2019-09-10)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur berita di kelas VIII SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 6 Medan ... -
Pengaruh Model Self-Directed Learning (SDL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Ajaran 2023/2024
(2024-05-22)Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Abdi Negara ... -
PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
(2020-05-21)Adapun rumusan masalah yang ada pada skripsi yaitu bagaimana pelaksanaan model student facilitator and explaining terhadap kemampuan menulis teks prosedur, bagaimana pengaruh model student facilitator and explaining terhadap ... -
Pengaruh Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Dalam Menulis Nakah Drama Oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta HKBP Pardamean Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
(2019-10-01)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Dalam Menulis Naskah Drama Oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta HKBP Pardamean Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ... -
PENGARUH MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA/SISWI KELAS VII SMP NEGERI 5 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2023/2024
(2023-10-29)Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Binjai tahun pelajaran 2023/2024 berjumlah 103 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok ... -
Pengaruh Model Think Talk Write (TTW) TerhadapKemampuanMenulisTeksBeritaOlehSiswaKelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan Mandailing Natal TahunPembelajaran 2018/2019
(2018-09-27)Masalahdalampenelitianiniadalahpengaruh model Think Talk Write (TTW) terhadapkemampuanmenulisteksberitaolehsiswakelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan Mandailing Natal TahunPembelajaran 2018/2019. Penelitianinibertu ... -
PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUATAMU) DALAM MENYAJIKAN TEKS PERSUASI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018
(2018-10-03)Menurut UU No 20 Tahun 2003,” Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi didirinya untuk memiliki kekuatan ... -
Pengaruh Model VAK (visual,auditory,kinestetic) Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2019/2020’
(2019-09-22)Bahasa merupakan sarana pembentukan kemampuan berpikir manusia. Pembelajaran bahasa Indonesia itu ada empat keterampilan yang harus dikuasai yaitu keterampilan menyimak, keterampilan membaca, keterampilan berbicara, dan ... -
PENGARUH MODELPROBING PROMPTINGTERHADAP KEMAMPUANMENYIMPULKAN TEKS PROSEDUR PADASISWA KELASVIISMPSWASTA SANTO PAULUSMEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2018/2019
(2018-09-27)Mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki peran penting bagi setiap peserta didik karena dengan mempelajari bahasa Indonesia mereka dapat menggunakan bahasa Indonesia itu sendiri dengan baik benar. Seperti yang kita ketahui ... -
Pengaruh Pemahaman Istilah Terhadap Kemampuan Membaca Cepat Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Bersama Berastagi Tahun Pembelajaran 2014/2015.
(2015-02-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa memahami istilah bahasa yang terdapat dalam teks bacaan dan untuk mengetahui kemampuan membaca cepat siswa kelas XI di Sekolah SMA Swasta Bersama Berastagi Tahun ... -
Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Cartoon Story Maker Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Fase D Di SMA perguruan Teladan Medan
(2024-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Cartoon Story Maker Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Kelas X Di SMA Perguruan Teladan Medan. Penelitian ini termasuk ... -
PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERMEDIA SERBANEKA TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENULIS TEKS SLOGAN DI PADA FASE D SMP PERGURUAN TELADAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024
(2024-05-17)Penelitian ini berujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran Berdiferensiasi Bermedia Serbaneka Terhadap kemampuan menulis Peserta didik menulis Teks slogan Fase D SMP Perguruan Teladan Medan T.A.2023/2024. ... -
Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi bermedia aplikasi wordwall terhadap kemampuan memahami teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan 2023/2024.
(2024-05-17)Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak pembelajaran berdiferensiasi bermedia wardwall terhadap kemampuan memahami teks deskripsi siswa kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan pada tahun pembelajaran 2023/2024. Populasi ... -
Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Bermodel Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Fase F Di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2023/2024
(2024-05-22)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi bermodal Project Based Learning terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa fase F kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun ajaran 2023-2024. ... -
PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERMODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI PADA FASE D(VIII) SMP NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024
(2024-05-22)Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Negeri 11 Medan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi bermodel Project Based Learning pada siswa fase D (VIII) SMP Negeri 11 Medan. Penelitian ini ... -
PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA-SISWI SMA GAJAH MADA MEDAN KELAS X TAHUN AJARAN 2023/2024
(2023-12-14)Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa-Siswi SMA Gajah Mada Medan Kelas X Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis ... -
PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA-SISWI KELAS VIII SMP HKBP SIDORAME TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
(2023-11-09)Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa-siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ... -
Pengaruh Penayangan Video Tutorial Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kandis Tahun Ajaran 2018/2019
(2018-10-09)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penayangan video tutorial terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA Negeri 3tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah ... -
PENGARUH PENDEKATAN MULTIMODAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN
(2023-11-08)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Multimodal Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif ...