• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Self-Directed Learning (SDL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Ajaran 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    ATRI NOVELA SIMANUNGKALIT.pdf (400.4Kb)
    Date
    2024-05-22
    Author
    SIMANUNGKALIT, ATRI NOVELA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Ajaran 2023/2024 Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, menggunakan desain penelitian One Group Pretest dan Posttest. Populasi penelitian 82 dan sampel 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Hasil penelitian pretest menunjukkan bahwa jumlah siswa yang lulus KKM dalam menulis teks eksplnasi kompleks berjumlah 6 orang (20%). dan setelah menggunakan model pembelajaran terdapat peningkatan jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 23 (76%) orang. Didapat 1-hitung 5.58 dan Label 1,70 maka Ho ditolak dan H, diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Model Self-Directed Learning (SDL) dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa pada pelajaran bahasa Indonesia pada jenjang SMA Kelas Xl
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10603
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback