Show simple item record

dc.contributor.authorSIMANUNGKALIT, ATRI NOVELA
dc.date.accessioned2024-05-22T07:08:24Z
dc.date.available2024-05-22T07:08:24Z
dc.date.issued2024-05-22
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10603
dc.description.abstractTujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Ajaran 2023/2024 Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, menggunakan desain penelitian One Group Pretest dan Posttest. Populasi penelitian 82 dan sampel 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Hasil penelitian pretest menunjukkan bahwa jumlah siswa yang lulus KKM dalam menulis teks eksplnasi kompleks berjumlah 6 orang (20%). dan setelah menggunakan model pembelajaran terdapat peningkatan jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 23 (76%) orang. Didapat 1-hitung 5.58 dan Label 1,70 maka Ho ditolak dan H, diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Model Self-Directed Learning (SDL) dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa pada pelajaran bahasa Indonesia pada jenjang SMA Kelas Xlen_US
dc.subjectModel Self-Directed Learning (SDL) Kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks.en_US
dc.titlePengaruh Model Self-Directed Learning (SDL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Ajaran 2023/2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record