Penerapan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKS (LembarKerjaSiswa) UntukMeningkatkanKemapuanaPemahamanKonsepSiswaPadaMateriPersamaan Linier SatuVariabel Di Kelas VII SMP Negeri 1 PaneiTahunAjaran 2015/2016
Abstract
Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) berbasis LKS dapat meningkatkankemampuanpemahamankonsepmatematikasiswakelas VII SMP negeri 1 Paneipadamateripersamaan linier satu variabel. Jenis penelitian iniadalahpenelitiantindakankelas. Subjekpenelitian: siswakelas VII-3 denganjumlah 30 orang danobjekpenelitian: penerapan model pembelajaranPBI (Problem Based Instruction) berbasis LKSuntukmeningkatkan kemampuan pemahamankonsepmatematikasiswakelas VII di SMP Negeri 1 Paneipadamateripersamaan linier satuvariabel. Teknikpengumpulan data denganmenggunakan lembar observasiuntuk melihat bagaimana model pembelajarandilaksanakandantesuntukmelihatkemampuanpemahamankonsepmatematikasiswa.
Dari hasilanalisis data teshasilbelajardiperolehpadatesawalpresentasisiswayang tuntas 6,66 % meningkat pada siklus I menjadi 53,33% dan mengalami peningkat lagipadasiklus II menjadi 86,66% ataumengalamipeningkatansebesar 46,67% daritesawalkesiklus I, danpeningkatansebesar 33,33% darisiklus I kesiklus II. Padatesawalsiswa yang mencapaiketuntasanindividusebanyak 2 siswa, padasiklus I bertampamenjadi 16 danpadasiklus II bertambahlagimenjadi 26 siswaataupersentaseketuntasanindividupadatesawal41,22 %, siklus I menjadi68,287% danpadasiklus II menjadi 76,28%
Dapat disimpulkanpenerapan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKS dapatmeningkatkan kemampuan pemahamankonsep matematika siswakelas VII SMP Negeri 1 Paneipada materi persamaan linier satuvariabel. Hal iniberartibahwapenerapan model pembelajaranPBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKSdapatdigunakansebagaialternatifdalampembelajaranmatematika.Dengan kata lain, model pembelajaranPBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKSdapatdigunakansebagaialternatifpembelajaranuntukmeningkatkankemampuanpemahamankonsepmatematikasiswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]