Show simple item record

dc.contributor.authorDamanik, Riris Hotgun
dc.date.accessioned2018-03-13T01:48:57Z
dc.date.available2018-03-13T01:48:57Z
dc.date.issued2016-07-21
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/338
dc.description.abstractTujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) berbasis LKS dapat meningkatkankemampuanpemahamankonsepmatematikasiswakelas VII SMP negeri 1 Paneipadamateripersamaan linier satu variabel. Jenis penelitian iniadalahpenelitiantindakankelas. Subjekpenelitian: siswakelas VII-3 denganjumlah 30 orang danobjekpenelitian: penerapan model pembelajaranPBI (Problem Based Instruction) berbasis LKSuntukmeningkatkan kemampuan pemahamankonsepmatematikasiswakelas VII di SMP Negeri 1 Paneipadamateripersamaan linier satuvariabel. Teknikpengumpulan data denganmenggunakan lembar observasiuntuk melihat bagaimana model pembelajarandilaksanakandantesuntukmelihatkemampuanpemahamankonsepmatematikasiswa. Dari hasilanalisis data teshasilbelajardiperolehpadatesawalpresentasisiswayang tuntas 6,66 % meningkat pada siklus I menjadi 53,33% dan mengalami peningkat lagipadasiklus II menjadi 86,66% ataumengalamipeningkatansebesar 46,67% daritesawalkesiklus I, danpeningkatansebesar 33,33% darisiklus I kesiklus II. Padatesawalsiswa yang mencapaiketuntasanindividusebanyak 2 siswa, padasiklus I bertampamenjadi 16 danpadasiklus II bertambahlagimenjadi 26 siswaataupersentaseketuntasanindividupadatesawal41,22 %, siklus I menjadi68,287% danpadasiklus II menjadi 76,28% Dapat disimpulkanpenerapan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKS dapatmeningkatkan kemampuan pemahamankonsep matematika siswakelas VII SMP Negeri 1 Paneipada materi persamaan linier satuvariabel. Hal iniberartibahwapenerapan model pembelajaranPBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKSdapatdigunakansebagaialternatifdalampembelajaranmatematika.Dengan kata lain, model pembelajaranPBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKSdapatdigunakansebagaialternatifpembelajaranuntukmeningkatkankemampuanpemahamankonsepmatematikasiswa.en_US
dc.subjectmodel pembelajaran PBI (Problem Based Instruction)en_US
dc.subjectmateri persamaan linier satuvariabel.en_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbasis LKS (LembarKerjaSiswa) UntukMeningkatkanKemapuanaPemahamanKonsepSiswaPadaMateriPersamaan Linier SatuVariabel Di Kelas VII SMP Negeri 1 PaneiTahunAjaran 2015/2016en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record