Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) Diselingi Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangaribuan T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) Diselingi Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangaribuan T.P.
2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII-3 dengan jumlah peserta didik 30 sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil penelitian strategi pembelajaran aktif tipe Giving
Question And Getting Answer (GQGA) diselingi motivasi terhadap kemampuan
pemecahan masalah diperoleh persamaan regresi sederhana ̂
. Hasil perhitungan uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung >
ttabel atau 3,7612 > 2,05 ini berarti ada hubungan yang kuat pada strategi
pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) diselingi motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh = 43,84% ini berarti strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) diselingi motivasi mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 43,84%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) diselingi motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangaribuan T.P.
2018/2019. Sehingga dapat diterapkan menjadi alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]