Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Pendekatan Ilmiah Terhadap Kemampuan Siswa dalam Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Pada Materi Statistika Di KelasXI SMA Negeri 2 Doloksanggul T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang terbaik diantara model kooperatif tipe Jigsaw I dan Pendekatan Ilmiah terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi statistika di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Doloksanggul. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas dimana n = 30 setiap kelas .Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t Benferoni dimana thitung > ttabel sehingga pembelajaran dengan model kooperatif tipe Jigsaw 1 lebih baik dari pada pendekatan ilmiah terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi statistika kelas XI SMA Negeri 2 Doloksanggul T.P. 2019/2020.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]