Efektivitas Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah MatematikaPesertaDidik Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear DuaVariabel Di KelasVIII SMP Swasta Advent Simbolon
Abstract
Penelitianiniadalah penelitiananalisisdeskriptif bertujuanuntuk mengetahui apakah model pembelajaran pencapaian konsep efektif digunakan pada pokok bahasan system persamaan linear dua variabel dikelas VIII-A SMP Swasta Advent Simbolon. Objekdalampenelitianiniadalahsiswakelas VIII SMP Swasta Advent Simbolon.VIII-A yang diajar model pencapaiankonsep.Ada 3 indikator yang digunakanpenelitiuntukmengetahuiapakah model pembelajaranpencapaiankonsepefektifdigunakan. Indikatortersebutyaitu: dayaserapmateripelajaran, waktu normal denganwaktuketercapaiandalammengajardankesesuaianmateridenganstrategi, penyampaianmateripelajaran, komunikasi guru dengansiswa. Penelitimelakukanpostestuntukmengetahuidayaserapsiswaterhadapmateripembelajaran. Dayaserapdilihatdariketuntasanperseorangandanklasikal. kentuntasanperseoranganterdapat 22 orang siswa yang tuntasdan 8 orang siswatidaktuntas. Ketidaktuntasansecaraklasikal 73,33%, karenaketuntasanklasikal< 85% darijumlahseluruhsiswadikelasmaka, kelas VIII-A tidaktuntassecaraklasikal. Penelitimembandingkanwaktu normal denganwaktuketercapainuntukmelihatkeefektifanpembelajarandenganmenggunakanduaobservator. Skor rata-rata waktu normal denganwaktuketercapaian 4,0. Jikadibandingkandengan interval kemampuan guru mengajarmakawaktuketercapaiantergolongkategoribaik. Kriteriakemampuan guru mengajardenganmenggunakanlima orang observator. Hasilskor rata-rata indikator 4,39 (kategoribaik). Dengananalisisdeskriptifsetiapindi katorkeefektifandandibandingkandengankemampuan guru mengajarmaka model pencapaiankonsepterhadapkemampuanpemahamankonsepdanpemecahanmasalahmatematikapadapokokbahasansistempersamaan linear duavariabeltidakefektifdigunakan di kelas VIII-A SMP Swasta Advent Simbolon.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]