Show simple item record

dc.contributor.authorEfrina, Lisbet
dc.date.accessioned2018-11-19T03:03:33Z
dc.date.available2018-11-19T03:03:33Z
dc.date.issued2018-09-15
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1651
dc.description.abstractPenelitianiniadalah penelitiananalisisdeskriptif bertujuanuntuk mengetahui apakah model pembelajaran pencapaian konsep efektif digunakan pada pokok bahasan system persamaan linear dua variabel dikelas VIII-A SMP Swasta Advent Simbolon. Objekdalampenelitianiniadalahsiswakelas VIII SMP Swasta Advent Simbolon.VIII-A yang diajar model pencapaiankonsep.Ada 3 indikator yang digunakanpenelitiuntukmengetahuiapakah model pembelajaranpencapaiankonsepefektifdigunakan. Indikatortersebutyaitu: dayaserapmateripelajaran, waktu normal denganwaktuketercapaiandalammengajardankesesuaianmateridenganstrategi, penyampaianmateripelajaran, komunikasi guru dengansiswa. Penelitimelakukanpostestuntukmengetahuidayaserapsiswaterhadapmateripembelajaran. Dayaserapdilihatdariketuntasanperseorangandanklasikal. kentuntasanperseoranganterdapat 22 orang siswa yang tuntasdan 8 orang siswatidaktuntas. Ketidaktuntasansecaraklasikal 73,33%, karenaketuntasanklasikal< 85% darijumlahseluruhsiswadikelasmaka, kelas VIII-A tidaktuntassecaraklasikal. Penelitimembandingkanwaktu normal denganwaktuketercapainuntukmelihatkeefektifanpembelajarandenganmenggunakanduaobservator. Skor rata-rata waktu normal denganwaktuketercapaian 4,0. Jikadibandingkandengan interval kemampuan guru mengajarmakawaktuketercapaiantergolongkategoribaik. Kriteriakemampuan guru mengajardenganmenggunakanlima orang observator. Hasilskor rata-rata indikator 4,39 (kategoribaik). Dengananalisisdeskriptifsetiapindi katorkeefektifandandibandingkandengankemampuan guru mengajarmaka model pencapaiankonsepterhadapkemampuanpemahamankonsepdanpemecahanmasalahmatematikapadapokokbahasansistempersamaan linear duavariabeltidakefektifdigunakan di kelas VIII-A SMP Swasta Advent Simbolon.en_US
dc.subjectpencapaian konsep efektifen_US
dc.subjectsystem persamaan linear dua variabelen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah MatematikaPesertaDidik Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear DuaVariabel Di KelasVIII SMP Swasta Advent Simbolonen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record