• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah MatematikaPesertaDidik Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear DuaVariabel Di KelasVIII SMP Swasta Advent Simbolon

    Thumbnail
    View/Open
    Lisbet Efrina.pdf (267.8Kb)
    Date
    2018-09-15
    Author
    Efrina, Lisbet
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitianiniadalah penelitiananalisisdeskriptif bertujuanuntuk mengetahui apakah model pembelajaran pencapaian konsep efektif digunakan pada pokok bahasan system persamaan linear dua variabel dikelas VIII-A SMP Swasta Advent Simbolon. Objekdalampenelitianiniadalahsiswakelas VIII SMP Swasta Advent Simbolon.VIII-A yang diajar model pencapaiankonsep.Ada 3 indikator yang digunakanpenelitiuntukmengetahuiapakah model pembelajaranpencapaiankonsepefektifdigunakan. Indikatortersebutyaitu: dayaserapmateripelajaran, waktu normal denganwaktuketercapaiandalammengajardankesesuaianmateridenganstrategi, penyampaianmateripelajaran, komunikasi guru dengansiswa. Penelitimelakukanpostestuntukmengetahuidayaserapsiswaterhadapmateripembelajaran. Dayaserapdilihatdariketuntasanperseorangandanklasikal. kentuntasanperseoranganterdapat 22 orang siswa yang tuntasdan 8 orang siswatidaktuntas. Ketidaktuntasansecaraklasikal 73,33%, karenaketuntasanklasikal< 85% darijumlahseluruhsiswadikelasmaka, kelas VIII-A tidaktuntassecaraklasikal. Penelitimembandingkanwaktu normal denganwaktuketercapainuntukmelihatkeefektifanpembelajarandenganmenggunakanduaobservator. Skor rata-rata waktu normal denganwaktuketercapaian 4,0. Jikadibandingkandengan interval kemampuan guru mengajarmakawaktuketercapaiantergolongkategoribaik. Kriteriakemampuan guru mengajardenganmenggunakanlima orang observator. Hasilskor rata-rata indikator 4,39 (kategoribaik). Dengananalisisdeskriptifsetiapindi katorkeefektifandandibandingkandengankemampuan guru mengajarmaka model pencapaiankonsepterhadapkemampuanpemahamankonsepdanpemecahanmasalahmatematikapadapokokbahasansistempersamaan linear duavariabeltidakefektifdigunakan di kelas VIII-A SMP Swasta Advent Simbolon.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1651
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback