• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Ukuran Pemusatan Data di Kelas X SMA Negeri 8 Medan T.A 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    Norviana Siregar.pdf (289.8Kb)
    Date
    2025-09
    Author
    Siregar, Norviana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun ajaran 2024–2025 akan menjadi fokus studi ini untuk mengkaji dampak model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) pada kemampuan mereka dalam pecahkan masalah dan menyampaikan ide matematika melalui pelajaran sentralisasi data. Desain quasi-eksperimental dengan teknik sampling purposif diterapkan. Kelas X-2 berfungsi sebagai kelompok kontrol, sedangkan Kelas X-1 dipilih sebagai kelompok eksperimen. Baik tes pra-eksperimen maupun pasca-eksperimen dengan instrumen sama, yaitu ujian tertulis dengan empat soal. Uji t SPSS memaparkan kedua kelompok (eksperimen dan kontrol) miliki perbedaan signifik. Rata-rata, kelompok eksperimen menyelesaikan masalah pada tingkat 86,70 %, dibanding 73,29 % pada kelompok kontrol. Dibanding dengan eksperimen, kelompok kontrol memiliki kemampuan komunikasi matematika rata-rata 73,83. Dari nilai sig (Sig. 2-tailed) 0,00 < 0,05, model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) memang berefek pada kemampuan pemecahan masalah. Komunikasi ide matematika dipengaruhi oleh paradigma Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL).
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12508
    Collections
    • Pendidikan Matematika [701]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback