dc.contributor.author | Siregar, Norviana | |
dc.date.accessioned | 2025-09-18T02:01:25Z | |
dc.date.available | 2025-09-18T02:01:25Z | |
dc.date.issued | 2025-09 | |
dc.identifier.uri | https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12508 | |
dc.description.abstract | Siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun ajaran 2024–2025 akan menjadi fokus studi ini untuk mengkaji dampak model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) pada kemampuan mereka dalam pecahkan masalah dan menyampaikan ide matematika melalui pelajaran sentralisasi data.
Desain quasi-eksperimental dengan teknik sampling purposif diterapkan. Kelas X-2 berfungsi sebagai kelompok kontrol, sedangkan Kelas X-1 dipilih sebagai kelompok eksperimen. Baik tes pra-eksperimen maupun pasca-eksperimen dengan instrumen sama, yaitu ujian tertulis dengan empat soal.
Uji t SPSS memaparkan kedua kelompok (eksperimen dan kontrol) miliki perbedaan signifik. Rata-rata, kelompok eksperimen menyelesaikan masalah pada tingkat 86,70 %, dibanding 73,29 % pada kelompok kontrol. Dibanding dengan eksperimen, kelompok kontrol memiliki kemampuan komunikasi matematika rata-rata 73,83. Dari nilai sig (Sig. 2-tailed) 0,00 < 0,05, model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) memang berefek pada kemampuan pemecahan masalah. Komunikasi ide matematika dipengaruhi oleh paradigma Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). | en_US |
dc.subject | Project Based Learning, | en_US |
dc.subject | Kemampuan Pemecahan masalah, | en_US |
dc.subject | Kemampuan Komunikasi Matematis, | en_US |
dc.subject | ukuran pemusatan data, siswa SMA. | en_US |
dc.title | Pengaruh Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Ukuran Pemusatan Data di Kelas X SMA Negeri 8 Medan T.A 2024/2025 | en_US |