• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MATLAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN T.A 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    NENGSI SYAHPUTRI SITUMORANG.pdf (6.005Mb)
    Date
    2025-05
    Author
    Situmorang, Nengsi Syah Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan MATLAB di kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-2 SMA Swasta Parulian 1 Medan dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan tes kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan MATLAB pada materi trigonometri dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Perolehan ketuntasan belajar secara klasikal peserta didik diakhir siklus I mencapai persentase 15,62 % kemudian meningkat diakhir siklus II menjadi 71,875%. Peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik dari awal siklus I sampai dengan siklus II berada pada kelompok medium dengan rata-rata N-Gain 0,474. Hasil observasi aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik diakhir siklus II dengan rata-rata 94 dan hasil observasi aktivitas peserta didik diakhir siklus II mencapai kriterian sangat baik dengan rata-rata 94,44.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11745
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback