Show simple item record

dc.contributor.authorSitumorang, Nengsi Syah Putri
dc.date.accessioned2025-05-02T04:38:49Z
dc.date.available2025-05-02T04:38:49Z
dc.date.issued2025-05
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11745
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan MATLAB di kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-2 SMA Swasta Parulian 1 Medan dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan tes kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan MATLAB pada materi trigonometri dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Perolehan ketuntasan belajar secara klasikal peserta didik diakhir siklus I mencapai persentase 15,62 % kemudian meningkat diakhir siklus II menjadi 71,875%. Peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik dari awal siklus I sampai dengan siklus II berada pada kelompok medium dengan rata-rata N-Gain 0,474. Hasil observasi aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik diakhir siklus II dengan rata-rata 94 dan hasil observasi aktivitas peserta didik diakhir siklus II mencapai kriterian sangat baik dengan rata-rata 94,44.en_US
dc.subjectmodel pembelajaran Discovery Learning,en_US
dc.subjectMATLAB,en_US
dc.subjectkemampuan representasi matematis peserta didiken_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MATLAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN T.A 2024/2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record