• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL(SPLTV) KELAS X SMA NEGERI 1 PARBULUAN T. A 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    Rhema Lisbet Manurung.pdf (3.477Mb)
    Date
    2025-05
    Author
    Manurung, Rhema Lisbet
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 1 Parbuluan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan teknik random sampling, dimana kelas X-2 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dengan kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen adalah 78,57 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 59,42. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa. (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan kategori tinggi.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11744
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback