PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL(SPLTV) KELAS X SMA NEGERI 1 PARBULUAN T. A 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 1 Parbuluan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan teknik random sampling, dimana kelas X-2 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dengan kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen adalah 78,57 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 59,42. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa. (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan kategori tinggi.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]