Show simple item record

dc.contributor.authorManurung, Rhema Lisbet
dc.date.accessioned2025-05-02T04:26:26Z
dc.date.available2025-05-02T04:26:26Z
dc.date.issued2025-05
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11744
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 1 Parbuluan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan teknik random sampling, dimana kelas X-2 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dengan kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen adalah 78,57 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 59,42. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa. (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan kategori tinggi.en_US
dc.subjectPengaruh,en_US
dc.subjectKooperatif,en_US
dc.subjectJigsaw,en_US
dc.subjectHasil Belajar Kognitif Siswa  en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL(SPLTV) KELAS X SMA NEGERI 1 PARBULUAN T. A 2024/2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record