Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas PMR terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV di kelas VIII SMP 5 Percut Sei Tuan Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan 2024/2025. Sampel Penelitian diambil 25% dari populasi yaitu sebanyak 60 siswa. Kemudian di analisis menggunakan analisis statistik inferensial dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa PMR efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada materi SPLDV. Efektivitas PMR terhadap berpikir kritis matematis adalah kategori sedang. PMR efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi SPLDV. Efektivitas PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis adalah tergolong kategori sedang.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]