• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTU LKPD KELAS VIII SMP SWASTA DELI MURNI SUKAMAJU T.A 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    EUFRASYA ELSINTA Br. MANURUNG.pdf (393.7Kb)
    Date
    2024-10-04
    Author
    Br. MANURUNG, EUFRASYA ELSINTA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan adanya perlakuan model pembelajaran PBL berbantu LKPD. Penelitian ini dilakukan di SMP Deli Murni Sukamaju pada Kelas VIII. Dengan sampel VIII-1 sebagai kelas kontrol dan VIII-2 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian quasi eksperiment. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah sebanyak 7 butir soal pre-test dan 7 butir soal post-test kemampuan pemecahan masalah pada materi pola bilangan. Berdasarkan hasil hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalur dengan data N-Gain bahwa nilai signifikan > =0,05 sehingga H0 ditolak baik secara keseluruhan maupun berdasarkan Kemampuan Awal Matematis siswa. Artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model PBL berbantu LKPD lebih baik secara keseluruhan maupun berdasarkan Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa dari pada siswa menggunakan model Konveksional. Tidak adanya interaksi antara pembelajaran dengan KAM yang dapat dilihat pada nilai signifikan baris KAM*Kelas yang hasilnya > =0,05 , artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah sepenuhnya terjadi oleh pembelajaran. Dilanjut dengan uji Scheffe yang hasilnya Kelompok dengan KAM rendah secara signifikan memiliki peningkatan lebih baik dibandingkan dengan siswa kelompok KAM sedang dan KAM tinggi.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11093
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback