Show simple item record

dc.contributor.authorBr. MANURUNG, EUFRASYA ELSINTA
dc.date.accessioned2024-10-04T09:05:15Z
dc.date.available2024-10-04T09:05:15Z
dc.date.issued2024-10-04
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11093
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan adanya perlakuan model pembelajaran PBL berbantu LKPD. Penelitian ini dilakukan di SMP Deli Murni Sukamaju pada Kelas VIII. Dengan sampel VIII-1 sebagai kelas kontrol dan VIII-2 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian quasi eksperiment. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah sebanyak 7 butir soal pre-test dan 7 butir soal post-test kemampuan pemecahan masalah pada materi pola bilangan. Berdasarkan hasil hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalur dengan data N-Gain bahwa nilai signifikan > =0,05 sehingga H0 ditolak baik secara keseluruhan maupun berdasarkan Kemampuan Awal Matematis siswa. Artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model PBL berbantu LKPD lebih baik secara keseluruhan maupun berdasarkan Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa dari pada siswa menggunakan model Konveksional. Tidak adanya interaksi antara pembelajaran dengan KAM yang dapat dilihat pada nilai signifikan baris KAM*Kelas yang hasilnya > =0,05 , artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah sepenuhnya terjadi oleh pembelajaran. Dilanjut dengan uji Scheffe yang hasilnya Kelompok dengan KAM rendah secara signifikan memiliki peningkatan lebih baik dibandingkan dengan siswa kelompok KAM sedang dan KAM tinggi.en_US
dc.subjectPeningkatan,en_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTU LKPD KELAS VIII SMP SWASTA DELI MURNI SUKAMAJU T.A 2024/2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record