• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK MATERI KESEBANGUNAN DI SMP NEGERI 13 MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    RIO JAYA LESTARI Br. LUMBAN GAOL.pdf (547.5Kb)
    Date
    2024-10-04
    Author
    Br. LUMBAN GAOL, RIO JAYA LESTARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektivitasan model problem solving berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan penalaran matematik siswa materi kesebangunan di SMP Negeri 13 Medan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Medan. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII-2) dengan total siswa 32 orang dan kelas kontrol (VII-1) dengan total siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji prasyarat instrumen tes serta lembar observasi. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh perhitungan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pre test 9,84375 dan nilai rata-rata post test 80,4375. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pre test 9,75 dan nilai rata-rata post test 60,0938. Maka, Berdasarkan hasil perhitungan kualitas tingkat pembelajaran pada kemampuan penalaran matematik menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan antara model problem solving berbantuan GeoGebra dengan model konvensional. Berdasarkan lembar observasi kesesuaian tingkat pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh nilai 3,458333 dan pada aktivitas siswa diperoleh nilai 3,125 yang artinya kesesuaian tingkat pembelajaran dalam kriteria baik. Berdasarkan lembar observasi alokasi waktu diperoleh nilai 4 yang artinya alokasi waktu dalam kriteria baik. Berdasarkan kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, dan alokasi waktu, model problem solving berbantuan GeoGebra efektif terhadap kemampuan penalaran matematik siswa materi kesebangunan di SMP Negeri 13 Medan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11091
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback