• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 13 MEDAN T.A 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    JULI DARMAWATI ZEGA.pdf (472.8Kb)
    Date
    2024-10-04
    Author
    ZEGA, JULI DARMAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan metakognitif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP Negeri 13 Medan T.A. 2023/2024. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 13 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Dengan menggunakan teknik simple random sampling maka diperoleh sampel dalam penelitian ini sebagai kelas eksperimen (IX-4) yang terdiri dari 31 siswa dan sebagai kelas kontrol (IX-3) yang terdiri dari 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji prasyarat instrumen tes serta lembar observasi. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa mempunyai nilai rata-rata pre-test = 10,06 sedangkan rata-rata post-test = 98,10. Pada kelas kontrol kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa mempunyai nilai rata-rata pre-test = 9,97 sedangkan rata-rata post-test = 59,52. Maka berdasarkan hasil perhitungan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan memperhatikan nilai Sig.(2-tailed) yang diperoleh dan hasil rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa antar kelas maka dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan pendekatan metakognitif mempunyai berpengaruh yang segnifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 13 Medan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11090
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback