dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan metakognitif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP Negeri 13 Medan T.A. 2023/2024. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 13 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Dengan menggunakan teknik simple random sampling maka diperoleh sampel dalam penelitian ini sebagai kelas eksperimen (IX-4) yang terdiri dari 31 siswa dan sebagai kelas kontrol (IX-3) yang terdiri dari 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji prasyarat instrumen tes serta lembar observasi. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa mempunyai nilai rata-rata pre-test = 10,06 sedangkan rata-rata post-test = 98,10. Pada kelas kontrol kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa mempunyai nilai rata-rata pre-test = 9,97 sedangkan rata-rata post-test = 59,52. Maka berdasarkan hasil perhitungan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan memperhatikan nilai Sig.(2-tailed) yang diperoleh dan hasil rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa antar kelas maka dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan pendekatan metakognitif mempunyai berpengaruh yang segnifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 13 Medan. | en_US |