ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP YAYASAN PERGURUAN NASIONAL ETISLANDIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini dilakukan di SMP Yayasan Perguruan Nasional Etislandia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif deskriftif. Adapun yang menjadi responden pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII A SMP Yayasan Perguruan Nasional Etislandia. Pengambilan data diambil dengan menggunakan Tes untuk mengetahui secara mandiri dalam menyelesaikan soal yang diberikan pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Kemudian dilanjutkan dengan penyebaran angket untuk mengetahui kemandirian ke dalam tingkat kategori tinggi, sedang, dan rendah pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Yayasan Perguruan Nasional Etislandia berada pada tingkat kategori sedang. Dari 27 siswa terdapat
78% atau sebanyak 21 siswa sudah berada pada kategori sedang dengan capaian keempat indikator yaitu percaya diri, inisiatif, disiplin dan tanggung jawab.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]