• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KESALAHAN SISWA DI KELAS VII SMP MULIA PRATAMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BARISAN DAN DERET BERDASARKAN TEORI NEWMAN

    Thumbnail
    View/Open
    THESSA LAMORA ONICA SITUMORANG.pdf (218.4Kb)
    Date
    2024-01-22
    Author
    SITUMORANG, THESSA LAMORA ONICA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Identifikasi latar belakang masalah dari penelitian ini adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal tentang barisan dan deret menggunakan teori Newman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kesalahan siswa kelas VII SMP Mulia Pratama Medan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi barisan dan deret berdasarkan metode analisis kesalahan Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan tes. Penelitian ini yang melibatkan seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 54 siswa. Hasil yang diperoleh pada soal nomor 1, kesalahan membaca sebesar 0,00%, kesalahan memahami 0,00%, kesalahan tranformasi 0,00%, kesalahan keterampilan proses 5,56% dan kesalahan penulisan jawaban 9,26%. Pada soal nomor 2 kesalahan membaca 0,00%, kesalahan memahami 1,85%, kesalahan transformasi 1,85%, kesalahan keterampilan proses 5,56%, kesalahan penulisan jawaban akhir 13,11%. Pada soal nomor 3, kesalahan membaca 0,00%, kesalahan memahami 16,67%, kesalahan transformasi 57,42%, kesalahan keterampilan proses 50,00%, kesalahan penulisan jawaban akhir 40,74%. Pada soal nomor 4, kesalahan membaca 0,00%, kesalahan memahami 42,59%, kesalahan transformasi 33.33%, kesalahan keterampilan proses 44,44%, kesalahan penulisan jawaban akhir 38,89%. Pada soal nomor 5, kesalahan membaca 0,00%, kesalahan memahami 59,26%, kesalahan transformasi 75,93%, kesalahan keterampilan proses 79,63%, kesalahan penulisan jawaban akhir 73,07%. Hal ini menunjukan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa sangat beragam, pada soal yang tergolong mudah, sebagaian besar hanya melakukan penulisan jawaban akhir, sedangkan pada soal yang tergolong sulit, sebagian besar siswa melakukan kesalahan keterampilan proses. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa masih cukup banyak siswa kelas VII SMP Mulia Pratama Medan yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal cerita pada materi barisan dan deret. i
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9997
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback