Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Terhadap Hasil Belajar Aspek Kognitif Siswa pada Materi Teorema Phytagoras di Kelas VIII SMP Negeri 14 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa di kelas VIII SMP Negeri 14 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan instrumen tes berbantuk uraian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 14 Medan. Dari hasil perhitungan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat hubungan kemampuan pemahaman konsep terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa, dengan nilai r = 0,8249 yang berarti memiliki
Terdapat hubungan kemampuan penalaran matematis terhadap hasil belajar aspek
kognitif siswa, dengan nilai r = 0,7196 yang berarti memiliki hubungan tinggi dan
kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis terhadap hasil belajar
aspek kognitif siswa, dengan nilai R = 0,5809 dan besar hubungan (I) = 68% dan
Collections
- Pendidikan Matematika [662]