ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PANGURURAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar aspek kognitif dan seberapa besar hubungan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar aspek kognitif pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 2 Pangururan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Pangururan. Sampel dalam penelitian terdiri dari 1 kelas (n=33). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji koefisien kolerasi sederhana dan uji koefisien kolerasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Ada hubungan kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar aspek kognitif (2). Besar hubungan kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar aspek kognitif adalah 63% (3). Ada hubungan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar aspek kognitif (4). Besar hubungan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar aspek kognitif adalah 61% (5). Ada hubungan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar aspek kognitif (6). Besar hubungan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar aspek kognitif adalah 71%.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]