Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Materi SPLDV Menggunakan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Adhyaksa Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning dan kemampuan literasi numerasi dengan menggunkaan pembelajaran konvensional, serta adakah perbedaan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning dengan pembelajaran konvensional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design, pada desain subjek dipilih secara simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen di kelas VIII C dan kelas kontrol di kelas VIII B. Pengumpulan data dalam peneltian ini dilakukan dengan tes. Setelah data terkumpul, selanjutnya di analisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 84,33 dan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada pembelajaran konvensional termasuk kategori baik dengan rata-rata 75. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi numerasi peserta didik pada pembelajaran menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning dengan pembelajaran konvensional.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]